Penyebab Kerusakan Keyboard Laptop

  • by

Kerusakan pada laptop cukup sering terjadi bahkan ketika kita sedang mengetik mengerjakan suatu hal dengan laptop tiba – tiba tidak bisa keluar sesuai karakter yang kita pencet, maka demikian dapat kita simpulkan bahwa keyboard laptop tersebut rusak, biasanya penyebab kerusakan pada laptop sebagai berikut :

1. Suhu laptop Panas

Penyebab kerusakan keyboard pada laptop yang pertama adalah suhu laptop yang terlalu panas. Suhu panas ini bisa menarik debu atau kotoran kecil masuk ke dalam keyboard sehingga menghalangi respon papan keyboard saat ditekan dan membuat keyboard pada laptop menjadi tidak berfungsi.

2. Penggunaan yang Salah

Kerusakan keyboard pada laptop juga sering disebabkan oleh penggunaan yang salah. Penggunaan keyboard yang terlalu kasar seperti menekan tuts terlalu keras bisa menyebabkan keyboard pada laptop menjadi rusak.

3. Masuk Benda Asing Pada Keyboard

Kerusakan keyboard pada laptop bisa juga disebabkan oleh masuknya benda asing seperti air, debu atau rambut. Benda-benda asing tersebut akan tertimbun di dalam keyboard yang menyebabkannya tidak bisa difungsikan.

Cara Mengetik Saat Keyboard Pada Laptop Rusak

Dalam kondisi darurat dan keyboard pada laptop Anda mengalami kerusakan, Anda tetap bisa mengerjakan pekerjaan mempergunakan keyboard virtual. Secara khusus, keyboard virtual bisa dipakai oleh Anda pengguna Windows 8 dan Windows 10 dengan cara :

Aktifkan On-Screen Keyboard menggunakan mouse dengan klik Start Menu, cari menu Windows Ease Of Access dan klik On-Screen Keyboard. Jika keyboard fisik Anda masih berfungsi sebagian, Anda bisa membuka Start Menu dan mengetik OSK kemudian klik On-Screen Keyboard.

Keyboad virtual juga bisa Anda akses dengan klik Start Menu > Settings > Ease of Access > Keyboard lalu aktifkan opsi Turn On The On-Screen Keyboard.

 

Mengatasi Keyboard Error Huruf dan Angka Tertukar Pada Laptop

Kerusakan satu ini membuat angka dan huruf yang Anda ketik mengeluarkan output berbeda, misalnya mengetik huruf J menjadi angka 1, huruf L menjadi angka 2, dan sebagainya. Umumnya, kerusakan ini diakibatkan penggunaan keyboard eksternal dan membuat numlock pada keyboard eksternal berpindah pada keyboard internal.

Untuk mengatasinya, silahkan Anda cari tombol “Fn” pada keyboard, dan cari tombol NumLock yang umumnya terdapat di deretan atas keyboard. Setelah itu, tekan kedua tombol tersebut secara bersamaan.

Cara lainnya, Anda bisa klik Region pada kolom search, lalu pilih Region & Language Settings. Setelah itu, ganti pilihan Region menjadi United States dengan klik tombol add a language. Jika sudah, silahkan restart laptop atau komputer Anda.

Memperbaiki Kerusakan Keyboard Pada Laptop

Saat keyboard Anda mengalami kerusakan, Anda jangan buru-buru mengganti sparepart keyboard. Ada sejumlah langkah yang perlu Anda lakukan untuk tahap awal perbaikan keyboard, seperti:

Untuk lebih lengkapnya lihat uraiannya di bawah ini:

1. Bersihkan Keyboard dari Debu

Jika terdapat beberapa tombol pada keyboard yang tidak bekerja, ada kemungkinan bahwa tombol tersebut tidak dapat merespon perintah karena tertumpuk oleh debu. Untuk mengatasinya, Anda bisa memiringkan laptop pada sudut 75 derajat dan menggoyangkan laptop untuk menyingkirkan debu. Kemudian, bersihkan bagian atas dan bawah keyboard menggunakan selotip untuk menyerap debu.

2. Restart Laptop

Permasalahan rusaknya keyboard pada laptop bisa juga disebabkan oleh software atau driver. Untuk mengatasinya, Anda bisa restart laptop dengan cara menekan tombol power selama 5 detik.

3. Instal Ulang OS

Jika cara di atas, Anda juga bisa melakukan restore ulang Windows untuk pemulihan sistem. Caranya,  silahkan klik Start menu, pilih Control Panel, klik System and Security dan pilih Back up your computer. Pada halaman selanjutnya, silahkan klik Recover system settings or your computer dan pilih Open System Restore.

4. Perbaikan Driver Keyboard

Perbaikan lainnya adalah update driver keyboard Anda. Caranya, silahkan buka menu Control Panel, pilih System and Security dan klik Device manager. Pada menu ini, silahkan temukan driver untuk keyboard dan update driver keyboard tersebut dengan menghubungkan laptop ke koneksi internet.